Pemda DIY Raih SAKIP Dengan Predikat AA

06/01/2023 BPKA DIY

Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menjadi satu-satunya provinsi yang meraih nilai AA dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020. Adapun penilaian SAKIP-RB 2020 oleh Kementerian PAN-RB ini dilakukan pada 539 provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia.

Penyerahan piagam penghargaan dilakukan secara langsung oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, pada agenda SAKIP-RB Award 2020 di Jakarta, Kamis (22/04) pagi. Piagam apresiasi untuk penilaian SAKIP DIY diterima oleh Sekda Kulon Progo, Astungkara dan piagam untuk penilaian RB diterima oleh Sekda Bantul, Helmi Jamharis.

Menurut Sri Sultan, selama sistem dapat berjalan dengan baik, tentu akan diaplikasikan oleh generasi penerus di masa yang akan datang. "Regenerasi di Jogja ini terjadi, tapi juga toh penggantinya juga mampu untuk menjaga dan mengaplikasikannya," ujar Sri Sultan. Sri Sultan berharap, meski penilaian sudah tidak akan lebih dari AA, aspek-aspek manajemen dan strategi kebijakan tetap harus dinamis, berubah secara periodik sesuai perkembangan zaman.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, berharap bahwa penilaian ini dapat dipertahankan dari generasi ke generasi. "Kita masih punya kesempatan untuk memperbaiki diri karena tahun kemarin kita mendapatkan 90,19, tahun ini 90,31. Kita masih punya peluang untuk meningkatkan nilai itu, walaupun, sama-sama mendapatkan AA," ujar Aji.

Butuh Bantuan ? Hubungi kami !